Industrial Relation Management Antara Pekerja dan Manajemen
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan Industrial Relation Management ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pengelolaan hubungan industrial yang efektif antara perusahaan, karyawan, dan serikat pekerja. Fokus pelatihan mencakup aspek hukum, komunikasi, serta penyelesaian konflik dan negosiasi untuk menciptakan hubungan kerja yang sehat dan produktif.
Tujuan Pelatihan
- Memahami prinsip dasar Industrial Relation Management
- Mengetahui regulasi Ketenagakerjaan yang berlaku
- Meningkatkan keterampilan komunikasi dalam hubungan kerja
- Mengelola hubungan dengan serikat pekerja secara profesional
- Mencegah dan menangani perselisihan hubungan Industrial
- Membangun Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang efektif
- Melakukan mediasi dan negosiasi secara konstruktif
- Menciptakan iklim kerja yang harmonis dan berkelanjutan
Baca Juga:Â Compensation and Benefits Management
Workshop Leader
Bambang Haryanto
Ialah instruktur dan konsultan independen serta berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, PT Sampoerna, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, Bogasari, dan PT Intraco Penta Tbk. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, Ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.
Tahun 1989, Ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.
Tahun 1993, Ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk lebih dari tiga ratus organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini Ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi. Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Diploma III Perhotelan (1978), dan Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983). Selain itu Ia juga sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UMKM, dan pelayanan prima.
Jadwal 2025
- 9-10 January 2025
- 6-7 February 2025
- 6-7 March 2025
- 10-11 April 2025
- 26-27 May 2025
- 23-24 June 2025
- 28-29 July 2025
- 25-26 August 2025
- 25-26 September 2025
- 27-28 October 2025
- 24-25 November 2025
- 22-23 December 2025
Full Day Training, 09.00-17.00 wib
Venue Training
Yogyakarta:
- NEO Hotel Malioboro Yogyakarta
- Royal Malioboro by ASTON Yogyakarta
- Novotel Suites Yogyakarta Malioboro
Jakarta:
- Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan
- Swiss-Belhotel Pondok Indah, Jakarta Selatan
- Ibis Styles Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan
(Kepastian venue akan dikonfirmasikan H-4 sebelum event)
Investment Fee
Yogyakarta: IDR 6,950,000/ Peserta
Jakarta: IDR 5,490,000/ Peserta
On-line Class (Zoom Workplace): IDR 3,450,000/ Peserta
- Harga sudah termasuk Training Material, USB, Sertifikat, Lunch & Coffee Break, Souvenir, Door Prize.
- Discount 10% bagi peserta yang mendaftar lebih dari 1 participants dan pembayaran dilakukan sebelum event berlangsung.
- In-House Training: minimal 4 Peserta.
- On-Line Class: minimal 2 Peserta.
Baca Juga:Â Learning and Development Management
Outline Training
1. Konsep Dasar Industrial Relation Management
- Definisi dan ruang lingkup hubungan Industrial
- Prinsip tripartit: pemerintah, pekerja, dan pengusaha
- Peran HR dalam menjaga keseimbangan hubungan kerja
2. Regulasi dan Undang-Undang Ketenagakerjaan
- UU No. 13 Tahun 2003 dan UU Cipta Kerja
- Hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha
- Peraturan perusahaan dan kepatuhan hukum
3. Komunikasi dalam Hubungan Industrial
- Strategi komunikasi dua arah
- Forum komunikasi bipartit
- Membangun kepercayaan dan transparansi
4. Manajemen Serikat Pekerja
- Peran dan fungsi serikat pekerja
- Teknik membangun kemitraan positif
- Strategi negosiasi dengan serikat pekerja
5. Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial
- Jenis-jenis perselisihan (hak, kepentingan, PHK, antar serikat)
- Mekanisme penyelesaian: bipartit, mediasi, arbitrase, PHI
- Peran HR dalam menangani konflik
6. Penyusunan dan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB)
- Tahapan penyusunan PKB
- Komponen penting dalam PKB
- Evaluasi dan implementasi PKB
7. Mediasi dan Negosiasi
- Teknik mediasi efektif dalam hubungan industrial
- Strategi negosiasi win-win
- Studi kasus: negosiasi PKB dan tunjangan
8. Menciptakan Hubungan Kerja Harmonis
- Strategi membangun budaya kerja kolaboratif
- Program internal untuk keterlibatan pekerja
- Memonitor dan mengevaluasi hubungan industrial








































