Developing Accounts Receivable Management Model

Outline Training
Training Developing Account Receivable Management Model ini mempelajari bagaimana memahami pentingnya penjualan secara kredit, memperkuat kesadaran kredit, mengenai definisi strategi kredit, bagaimana pemahaman tentang pentingnya kebijakan kredit, pemahaman dan pengertian perlunya fasilitas kredit dan hal lainnya terkait Developing Accounts Receivable Management Model.
Workshop Ini mengenai Account Receivable Management Model yang cangih, sebagaimana perusahaan modern pada umumnya dimana sebagian besar omsetnya diperoleh dari penjualan kredit, sehingga diperlukan model untuk menjaga agar Account minimal terhadap kerugian karena Bad Debt. Di pelatihan peserta juga dibekali bagaimana men-design strategi Kredit, menerapkan kebijakan Kredit, mengerti serta mampu mengelolah data menjadi informasi terkait financial statemet secara fundamental. Memonitor Account Receivable yang outstanding sehingga mampu memperbaiki collection secara lebih effektif.
Baca Juga: Developing Accounting Using Microsoft Excel
Workshop Leader
Ghani Basyar S.E, M.M
Beliau lulus dari S1 FE-UI (Universitas Indonesia) dan telah berkecimpung di dalam dunia industri dan pendidikan kurang lebih 10 tahun. Project Manajemen dan Keuangan, adalah 2 hal yang sangat berkaitan dan saling menunjang telah dikembangkan menjadi suatu sinergi yang saling terpadu dalam suatu sistem perusahaan.
Sejak tahun 1999 telah mempelajari dan mengetrapkan Konsep modeling Keuangan dan Manajemen/bisnis di dalam suatu industry keuangan maupun perusahaan Manufacturing. Kelebihan dan kekurangan dari implementasi ini telah dikenali dan diketemukan solusinya.
Awal tahun 2004, bergabung dengan LPPM – S2 lembaga manajemen tertua di Indonesai dan di perusahaan telah mencapai posisi top Manager. Perpaduan antara teori dan praktek telah memperkaya kemampuannya dalam mengimplementasikan suatu konsep.
Tidak ketinggalan juga, gelar academic/ tenaga ahli telah diperoleh dengan predikat sangat memuaskan. Berbekal pengalaman yang mendalam dan certificate yang diperoleh, berbagai macam project baik swasta, pemprov maupun Kementrian telah berhasil dikerjakan dan berhasil dengan sukses.
Jadwal 2025
- 23-24 January 2025
- 20-21 February 2025
- 20-21 March 2025
- 24-25 April 2025
- 22-23 May 2025
- 19-20 June 2025
- 24-25 July 2025
- 21-22 August 2025
- 22-23 September 2025
- 23-24 October 2025
- 20-21 November 2025
- 18-19 December 2025
Full Day Training, 09.00-17.00 wib
Venue Training
Yogyakarta:
- NEO Hotel Malioboro Yogyakarta
- Royal Malioboro by ASTON Yogyakarta
- Novotel Suites Yogyakarta Malioboro
Jakarta:
- Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan
- Swiss-Belhotel Pondok Indah, Jakarta Selatan
- Ibis Styles Simatupang, Jakarta Selatan
(Kepastian venue akan dikonfirmasikan H-4 sebelum event)
Investment Fee
Yogyakarta: IDR 6,950,000/ Peserta
Jakarta: IDR 5,450,000/ Peserta
On-line Class (Zoom Workplace): IDR 3,450,000/ Peserta
- Harga sudah termasuk Training Material, USB, Sertifikat, Lunch & Coffee Break, Souvenir, Door Prize.
- Discount 10% bagi peserta yang mendaftar lebih dari 1 participants dan pembayaran dilakukan sebelum event berlangsung.
- In-House Training: minimal 4 Peserta.
- On-Line Class: minimal 2 Peserta.
Baca juga: Financial Modeling using Excel
Tujuan Pelatihan
- Mampu mendefinisikan & menjalankan strategi kredit secara benar
- Mampu menerapkan kredit policy yang effektif
- Mamahami, dapat meng-interprestasikan secara fundamental infromasi yang terkait dengan financial statement
- Mengerti untuk melakukan Monitoring Account Receivable yang outstanding
- Melakukan improvement secara effective dalam mengelola collection dari Account receivable
- Memahami bagaimana menggunakan fasilitas Excel dalam melakukan “What If Analysis”
Target Peserta
Finance Manager, Senior Manager, Pemilik yang mengelola sendiri perusahaannya, Staf Professional Bidang Keuangan, Eksekutif perusahaan yang terlibat dalam pendanaan, pengembangan perusahaan secara umum.
Metode Pelatihan
- Pelatihan menggunakan metode ceramah dalam memahami konsep, latihan/ studi kasus dalam mendalami teknik aplikasinya
- Action Plan: diakhir session para peserta akan membuat action plan untuk menentukan rencana yang akan diterapkan setelah kembali ke dunia kerja
Outline Materi
- Memahami pentingnya penjualan secara kredit
- Memperkuat kesadaran kredit
- Definisi Strategi Kredit
- Pemahama tentang pentingnya kebijakan kredit
- Pemahaman, pengertian perlunya fasilitas kredit
- Mencari factor-factor yang mempengaruhi kebijakan kredit
- Penerapan kebijakan kredit
- Mengumpulkan data, informasi kredit
- Pemahaman Financial statement
- Monitoring Account Receivable
- Mengetahui dampak dari melambatnya usia Piutang
- Identifikasi awal konsumen yang akan terlambat bayar
- Kumpulan cerita cirri-ciri konsumen yang akan menjadi Bad debt
- Case study & practical exercise