Good Corporate Governance
Good Corporate Governance – Tata Kelola Perusahaan yang Baik
Pendahuluan
Sepuluh tahun terakhir, Good Corporate Governance (GCG) semakin populer. Istilah tersebut menjadi sangat penting, karena implementasinya telah menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka panjang, sekaligus memenangkan persaingan bisnis global.
Pemicu utama berkembangnya tuntutan Good Corporate Governance (GCG) adanya krisis di sector perbankan tahun 1997. Krisis Perbankan yang melanda Indonesia tersebut lebih disebabkan belum berjalannnya penerapan Good Corporate Governance di kalangan perbankan.
Survey dari Booz-Allen di Asia Timur pada tahun 1998 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki indeks Corporate Governance paling rendah dengan skor 2,88 jauh di bawah Singapura (8,93), Malaysia (7,72) dan Thailand (4,89). Rendahnya kualitas GCG korporasi-korporasi di Indonesia ditengarai menjadi kejatuhan perbankan di negara kita.
Seiring dengan hal di atas, maka tidak berlebihan apabila para Pimpinan/ karyawan Perusahaan senantiasa dituntut agar bekerja sesuai prinsip GCG yang berperilaku jujur, berintegritas, professional dan menjunjung tinggi nilai budaya dan etika bisnis sesuai yang dicanangkan perusahaan.
Pemahaman komprehensif tentang GCG yang dikaitkan dengan kondisi kekinian menjadi sangat Urgent dan strategis bagi perusahaan untuk menjawab tantangan persaingan bisnis yang semakin intens dan tajam di abad millennial ini.
Workshop Good Corporate Governance ini akan mengupas tuntas tentang pengertian, manfaat dan prinsip utama GCG, nilai-nilai moral/ etika bisnis dan pedoman perilaku dan nilai-nilai Perusahaan (values).
Program ini akan memfasilitasi para Profesional perusahaan untuk memahami secara komprehensif GCG dalam perspektif kekinian. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan akan menjadi Pimpinan/ Karyawan yang mengerti, memahami dan mampu mempraktekkan GCG di perusahaan/ kantor yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi Pimpinan/ Karyawan Professional dan teladan (Role Model) di lingkungan perusahaan serta mau dan mampu memberikan kontribusi dan nilai terbaik bagi kemajuan perusahaan.
Baca Juga: Legal Drafting & Contract Writing Management
Workshop Leader
Ir. Indra H. Harahap, MM, RFA, ACSI
Professional Trainer | Training Consultant | Motivator | Coach
Praktisi Perbankan yang membangun karir profesionalnya di dunia Perbankan dan Bancaassurance selama lebih dari 28 tahun dengan penuh integritas dan sarat dengan pengalaman. Dengan prinsip hidup, teruslah berbagi dan memberi – karena itu adalah ibadah (amal jariah), Indra senantiasa terus menebar ilmu yang dimiliki. Menjadi trainer sudah menjadi passion-nya sejak duduk dibangku kuliah – sampai saat ini.
Mengasah pengalaman sebagai Trainer dimulai Indra dengan menjadi Asisten Dosen sejak di bangku kuliah untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di IPB Bogor. Selain itu pernah menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Gunadarma untuk beberapa mata kuliah dan menjadi Executive Trainer bidang Sales and Marketing di MarkPlus Institute of Marketing (MIM)/ MarkPlus Inc.
Sebagai seorang pembelajar, Indra terus mengasah diri dan senantiasa terus berbagi, menjadi Professional Trainer di berbagai bidang seperti Sales/ Marketing/ Produk lebih dari 15 tahun. Dengan pengalaman yang mumpuni di bidang Sales dan Training, Alhamdulillah – Indra pernah dinobatkan sebagai “Senior Trainer Sales Terbaik” di institusinya, pernah mengelola lebih dari 2.000 Sales People,. MarkPlus Inc. & Co dan Majalah Warta Ekonomi pernah menobatkannya sebagai “The 3rd Best Sales Manager” di Indonesia. Tahun 2009, Indra dianugerahi penghargaan sebagai “The Best Trainer” dari Mandiri University, Bank Mandiri. Dan pada tahun 2016, 2017 dan 2018 Indra memperoleh penghargaan “Trainer Gold Recognition and Award” dari Mandiri University, Bank Mandiri.
Indra memperoleh gelar Sarjana Statistika (Ir.) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor, Magister Management (MM) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta dengan spesialisasi dibidang International Marketing dan gelar profesi tingkat global yaitu Register Financial Associates (RFA)/ Financial Planner dari International Association of Register Financial Consultants (IARFC) United States of America (USA) dan ACSI dari Chartered Institute for Securities and Investment (CISI) London.
Pengalaman Profesional
Disamping itu, yang bersangkutan mengasah kompetensi dan profesionalisme bidang Finance, Investment, Insurance, Bancassurance, Organization, Leadership, Culture, Research & Development, Sales dan Marketing melalui sejumlah Workshop/ Training yang diselenggarakan oleh International Management for Development (IMD) Business School, Lausanne – Switzerland, Center for Creative Leadership (CCL) Greensboro – North Caroline USA, Chartered Institute for Securities and Investment (CISI) London, AXA Mandiri Financial Services, MarkPlus Inc./MarkPlus Institute of Marketing (MIM), Academia Education and Training, Top Coach Indonesia (TCI), ESQ Executive Class, Asia Works dan lembaga lain yang terkait.
Jadwal 2025
- 13-14 January 2025
- 10-11 February 2025
- 10-11 March 2025
- 14-15 April 2025
- 13-14 May 2025
- 9-10 June 2025
- 14-15 July 2025
- 11-12 August 2025
- 11-12 September 2025
- 13-14 October 2025
- 10-11 November 2025
- 8-9 December 2025
Full Day Training, 09.00-17.00 wib
Venue Training
Yogyakarta:
- NEO Hotel Malioboro Yogyakarta
- Royal Malioboro by ASTON Yogyakarta
- Novotel Suites Yogyakarta Malioboro
Jakarta:
- Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan
- Swiss-Belhotel Pondok Indah, Jakarta Selatan
(Kepastian venue akan dikonfirmasikan H-4 sebelum event)
Investment Fee
Yogyakarta: IDR 6,950,000/ Peserta
Jakarta: IDR 5,490,000/ Peserta
On-line Class (Zoom Workplace): IDR 3,450,000/ Peserta
- Harga sudah termasuk Training Material, USB, Sertifikat, Lunch & Coffee Break, Souvenir, Door Prize.
- Discount 10% bagi peserta yang mendaftar lebih dari 1 participants dan pembayaran dilakukan sebelum event berlangsung.
- In-House Training: minimal 4 Peserta.
- On-Line Class: minimal 2 Peserta.
Baca Juga: Evaluasi Kinerja Karyawan
Tujuan Pelatihan
- Mengerti & memahami konsep dan pengertian Good Corporate Governance (GCG)
- Memahami Prinsip Utama GCG
- Memahami tahapan implementasi GCG
- Mengenali faktor-faktor pendukung & penghambat implementasi GCG
- Mampu dan mau menerapkan prinsip GCG dengan baik, benar & berkesinambungan di perusahaan
Outline Training
- Konsep dan Pengertian GCG
- Latar Belakang (Background)
- Defenisi
- Mengapa GCG Penting
- Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup GCG
- Landasan Hukum GCG (POJK)
- Prinsip Dasar/ Utama GCG: TARIF
- Transparency
- Accountability
- Responsibility
- Independency
- Fairness
- Bagaimana Menerapkan (How to Practice) TARIF
- Tahap Implementasi GCG
- Mekanisme
- Tahap Implementasi
- Perangkat Dasar
- Framework
- Cakupan Manual
- Struktur
- Faktor Pendukung Implentasi
- 2 Faktor Pendukung Utama
- Elemen Pendukung
- Faktor Penghambat Implementaasi
- Hambatan Penerapan
- Kenapa Harus Comply?
- Nilai Nilai Etika Bisnis & Pedoman Perilaku
- Budaya Perusahaan (Corporate Culture) dan Nilai-nilai Perusahaan (Values)
- Organ Perusahaan: Rapat Umum/ RUPS, Komite-Komite
- Penilaian GCG
- Governance, Risk Management and Compliance (GRC)
- GCG: Komisaris, Direksi, Komite
Metode Pelatihan
Presentasi, diskusi, study case & latihan
Dengan menggunakan konsep Interactive Presentation – komunikasi dua arah, Group Discussion, Brainstorming, Team Building, Games/ Jokes/ Ice Breaker, Role Play, Case Study, simulasi dan pemutaran video.
Materi akan dibawakan oleh trainer dengan gaya yang khas, bahasa yang lugas/ gampang dicerna dan gamblang, mengalir, santai, segar dan bersahabat (Friendly, Fresh, Fun) diselingi video motivasi yang “inspiratif” dan contoh kasus nyata, dengan Joke/ canda dan Games (Ice Breaker) yang menginspirasi. Workshop ini dikemas dengan konsep learning and edutainment – membumi dan applicable – untuk memacu adrenalin para peserta workshop.
Target Audience
Workshop ini sangat cocok dan layak diikuti oleh para Pimpinan, Manager atau Staff perusahaan.








































