Compensation and Benefits Management

Compensation_and_Benefits_Management
Bagikan
Rate this post

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan Compensation and Benefits Management ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dan praktik manajemen kompensasi dan tunjangan. Peserta akan belajar menyusun struktur gaji yang adil, kompetitif, dan sesuai dengan strategi organisasi, serta mengelola berbagai bentuk tunjangan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan.

Tujuan Pelatihan

  1. Memahami prinsip dasar kompensasi dan tunjangan
  2. Menyusun struktur gaji berdasarkan analisis jabatan dan pasar
  3. Mengembangkan kebijakan kompensasi yang adil dan transparan
  4. Mengelola program tunjangan karyawan secara strategis
  5. Melakukan benchmarking dengan data pasar
  6. Menilai efektivitas program kompensasi dan tunjangan
  7. Menyesuaikan kompensasi dengan regulasi dan perpajakan
  8. Meningkatkan motivasi dan retensi melalui program total rewards

Baca Juga: Learning and Development Management

Workshop Leader

Bambang Haryanto

Ialah instruktur dan konsultan independen serta berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, PT Sampoerna, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, Bogasari, dan PT Intraco Penta Tbk. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, Ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Tahun 1989, Ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.

Tahun 1993, Ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk lebih dari tiga ratus organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini Ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi. Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Diploma III Perhotelan (1978), dan Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983). Selain itu Ia juga sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UMKM, dan pelayanan prima.

Jadwal 2025

  • 9-10 January 2025
  • 6-7 February 2025
  • 6-7 March 2025
  • 10-11 April 2025
  • 22-23 May 2025
  • 19-20 June 2025
  • 24-25 July 2025
  • 21-22 August 2025
  • 22-23 September 2025
  • 23-24 October 2025
  • 20-21 November 2025
  • 18-19 December 2025

Full Day Training, 09.00-17.00 wib

Venue Training

Yogyakarta:

  • NEO Hotel Malioboro Yogyakarta
  • Royal Malioboro by ASTON Yogyakarta
  • Novotel Suites Yogyakarta Malioboro

Jakarta:

  • Swiss-Belinn Simatupang, Jakarta Selatan
  • Swiss-Belhotel Pondok Indah, Jakarta Selatan
  • Ibis Styles Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan

(Kepastian venue akan dikonfirmasikan H-4 sebelum event)

Investment Fee

Yogyakarta: IDR 6,950,000/ Peserta

Jakarta: IDR 5,490,000/ Peserta

On-line Class (Zoom Workplace): IDR 3,450,000/ Peserta

  • Harga sudah termasuk Training Material, USB, Sertifikat, Lunch & Coffee Break, Souvenir, Door Prize.
  • Discount 10% bagi peserta yang mendaftar lebih dari 1 participants dan pembayaran dilakukan sebelum event berlangsung.
  • In-House Training: minimal 4 Peserta.
  • On-Line Class: minimal 2 Peserta.

Baca Juga: Performance Management: Cara Meningkatkan Kinerja yang Efektif

Outline Training

1. Dasar-dasar Compensation and Benefits Management

  1. Konsep kompensasi langsung dan tidak langsung
  2. Tujuan dan prinsip sistem imbalan
  3. Kompensasi dan motivasi karyawan

2. Analisis dan Evaluasi Jabatan

  1. Teknik analisis jabatan
  2. Evaluasi jabatan dan klasifikasi level
  3. Hubungan evaluasi jabatan dengan struktur gaji

3. Penyusunan Struktur Gaji

  1. Skala gaji dan struktur internal equity
  2. Menyusun rentang gaji dan pengelompokan jabatan
  3. Mekanisme kenaikan dan penyesuaian gaji

4. Benchmarking dan Survei Pasar

  1. Menggunakan data eksternal untuk benchmarking
  2. Analisis posisi pasar dan daya saing gaji
  3. Strategi penyesuaian terhadap pasar tenaga kerja

5. Manajemen Tunjangan dan Fasilitas

  1. Jenis-jenis tunjangan dan manfaat karyawan
  2. Fleksibilitas dan desain tunjangan
  3. Manfaat non-finansial yang efektif

6. Kepatuhan dan Perpajakan

  1. Regulasi ketenagakerjaan terkait imbalan
  2. Perpajakan atas gaji dan tunjangan
  3. Manajemen risiko dan audit kepatuhan

7. Total Rewards Strategy

  1. Konsep total rewards dan komponennya
  2. Penggabungan kompensasi, tunjangan, dan pengembangan
  3. Komunikasi strategi total rewards kepada karyawan

8. Evaluasi Program C&B dan Retensi Karyawan

  1. Indikator efektivitas kompensasi dan tunjangan
  2. Hubungan C&B dengan kepuasan dan turnover
  3. Strategi peningkatan retensi melalui imbalan kompetitif

You may also like...